Total Tayangan Halaman

Sabtu, 03 Juni 2017

permainan ular tangga

Membuat Permainan Ular Tangga Sederhana

 

 

Permainan ular tangga sudah banyak dikenal oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pun kerap memainkan permainan ular tangga. Permainan ular tangga berisi tabel kotak-kotak yang berjumlah 100 kotak. Didalamnya terdapat angka dari 1-100 serta gambar-gambar yang dalam permainannya dapat menjebak pemain. Papan permainan ular tangga banyak sekali dijual ditoko-toko mainan. Namun dalam postingan ini, saya bukan ingin menjual mainan ular tangga. hehe... tetapi ingin sekedar share tentang cara membuat permainan ular tangga sederhana.  berikut ulasannya. semoga bermanfaat.


Membuat Permainan Ular Tangga Sederhana

Dalam membuat permainan ular tangga sederhana cukup mudah, hanya membutuhkan kesabaran dalam pembuatan ular tangga ini. Bahan-bahan serta alat yang dibutuhkan pun mudah sekali didapat. Berikut bahan serta alat yang digunakan untuk membuat permainan ular tangga sederhana.

Bahan-bahan
  1. Karton asturo ukuran 40cm x 60cm
  2. Penghapus karet (untuk membuat dadu)
  3. Batu kerikil warna (untuk pion-pion pemain)
Alat
  1. Pensil 2B
  2. Penggaris
  3. Spidol Warna
  4. Pensil Warna
  5. Cutter / silet
Langkah-langkah membuat ular tangga sederhana
  • Buatlah garis kotak-kotak pada karton asturo sesuai ukuran pada gambar berikut (klik untuk memperbesar gambar)
Membuat permainan ular tangga sederhana
  • Berilah nomor pada tiap-tiap kolom dari 1-100
  • Setelah kolom-kolom selesai dibuat, langkah berikutnya yaitu membuat gambar "ular" dan "tangga" dengan jumlah sesuai keinginan si pembuat. Lalu diberi warna dengan mengunakan pensil warna. Perhatikan contoh gambar berikut ini (klik untuk memperbesar gambar)
Membuat permainan ular tangga sederhana
  • Jika sudah selesai mewarnai gambar serta kolom, langkah selanjutnya yaitu membuat dadu dari penghapus.
Langkah kedua membuat dadu dari penghapus
  • Potonglah penghapus dengan menggunakan cutter / silet hingga berbentuk kubus
  • Setelah berbentuk kubus, tiap sisi penghapus tersebut diberi bulatan-bulatan hitam 1-6
Membuat permainan ular tangga sederhana
  • Untuk pion-pion pemain dapat menggunakan batu kerikil warna.
Tidak ada kesulitan dalam membuat permainan ular tangga sederhana. yang dibutuhkan hanya niat, keuletan serta kesabaran. Selamat mencoba

cara memainkan ular tangga :


  • GAMBARAN UMUM
    Ular Tangga adalah permainan papan untuk anak-anak yang dimainkan oleh 2 orang  atau lebih. Papan permainan dibagi dalam kotak-kotak kecil dan di beberapa kotak digambar sejumlah tangga dan ular yang menghubungkannya dengan kotak lain. Permainan ini dapat dimainkan untuk semua mata pelajaran dan semua jenjang kelas, karena didalamnya hanya berisi berbagai bentuk pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa melalui permainan tersebut sesuai dengan jenjang kelas dan mata pelajaran tertentu. Seluruh pertanyaan-pertanyaan tersebut telah dibukukan menjadi satu sekaligus dengan petunjuk permainannya.Gambar tangga merupakan simbol nilai positif (nilai kejujuran) dan gambar ular merupakan simbol nilai negatif (nilai ketidakjujuran).Guru dapat membuat sendiri media ini dengan menyesuaikan tujuan dan materi pembelajaran. Tujuan permainan ular tangga ini adalah untuk memberikan motivasi belajar kepada siswa agar senantiasa mempelajari atau mengulang kembali materi-materi yang telah dipelajari sebelumnya yang nantinya akan diuji melalui permainan, sehingga terasa menyenangkan bagi siswa.Penggunaan alat permainan dilakukan secara bertahap yaitu kegiatan yang tergolong mudah, sedang, dan sulit. Alat permainan yang tujuan dan penggunaannya dipersiapkan pendidik juga harus bervariasi sesuai dengan derajat kesulitan tersebut alat permainan yang dipersiapkan oleh guru untuk dipilih oleh anak dalam berbagai kegiatan akan menentukan tumbuhnya perasaan berhasil pada anak sesuai dengan kemampuan mereka.
beberapa manfaat diantaranya adalah:
        a. Mengenal kalah dan menang.
        b. Belajar bekerja sama dan menunggu giliran.
        c. Mengembangkan imajinasi dan mengingat peraturan permainan.
        d. Merangsang anak belajar pramatematika yaitu saat menghitung langkah pada
            permainan ular tangga dan menghitung titik-titik yang terdapat pada dadu.
        e. Belajar memecahkan masalah.

  • Keunggulannya antara lain:
            a. Media permainan ular tangga dapat dipergunakan di dalam kegiatan belajar
                mengajar karena kegiatan ini menyenangkan sehingga anak tertarik untuk
                belajar sambil bermain.
           b. Anak dapat berpartisipasi dalam proses pembelajaran secara langsung.
           c. Media permainan ular tangga dapat dipergunakan untuk membantu semua
               aspek perkembangan anak salah satu mengembangkan kecerdasan logika
               metematika.
           d. Media permainan ular tangga dapat merangsang anak belajar memecahkan
               masalah sederhana tanpa disadari oleh anak.
           e. Penggunaan media permainan ular tangga dapat dilakukan baik di dalam
               kelas maupun di luar kelas.
  • Kelemahannya antara lain:
            a. Penggunaan media permainan ular tangga memerlukan banyak waktu untuk
                menjelaskan kepada anak.
            b. Permainan ular tangga tidak dapat mengembangkan semua materi
                pembelajaran.
            c. Kurangnya pemahaman aturan permainan oleh anak dapat menimbulkan
                kericuhan.
            d. Bagi anak yang tidak menguasai materi dengan baik akan mengalami
                kesulitan dalam bermain.


  • Langkah langkah :
1) Guru menyiapkan Media berupa beberan dan kartu yang berisi pertanyaan yang                                diletakkan disamping beberan, pada bagian atas / depan kartu bertuliskan nomor dari nomor 1 s.d. no 50.
2) Masing-masing Siswa menyiapkan kertas dan alat tulis
2. Guru membagi mejadi beberapa kelompok berdasarkan jumlah rombel dimana masing-masing kelompk terdiri dari 4 siswa. Apabila setelah dibagi dengan 4 masih ada siswa yang belum mendapatkan kelompok maka bisa dimasukkan dalam kelompok yang lain sehingga ada kelompok yang anggotanya 5 anak.
3. Setiap siswa mendapat satu buah Pion / kertas bertuliskan namanya
4. Kemudian semua hompimpah untuk menentukan siapa yang melempar dadu terlebih dahulu
5. Setiap siswa melempar dadu sesuai dengan urutanya. Setelah siswa melempar dadu siwa menjalankan pion/ kertas yang bertuliskan namanya sesuai dengan hasil lemparan dadu, kemudian siswa mengambil pesan pada nomor tersebut (sesuai dengan hasil lemparannya) dan mengerjakannya pada kertas masing-masing, apa bila dalam melempar keluar angka enam maka siswa yang bersangkutan diperbolehkan melempar dadu lagi.
6. apabila jatuh pada tanda tangga maka Pion/ kertas siswa langsung naik sesuai dengan arah tangga dan tetap mengambil kartu untuk dikerjakan, begitupula apabila pion/kartu tepat pada gambar ekor Ular maka pion /. Kertas yang bertuliskan nama siswa turun mengikuti arah ular dan mengambil kartu untuk dikerjakan.
7. Kartu yang telah diambil ditulis soalnya lalu dikembalikan seperti semula
8. Setiap siswa memikirkan jawaban / soal dari kartu yang mereka pegang
9. setelah semua melempar dan mengerjakan, kembali pada pelempar pertama untuk melempar dadu lagi dan mengambil kartu lagi , begitu juga seterusnya. Permainan berhenti apabila semua pemain sudah berada pada nomor 60 dan sudah mengerjakan semua pesan-pesannya.
10. Pemainnya yang selesai lebih dulu dinyatakan sebagai pemenang
11. Setiap siswa membacakan hasil kerjanya untuk ditanggapi oleh temannya
12. guru memberikan kesimpulan hasil kerja yang telah ditanggapi oleh siswa
13. kemudian lembar jawaban dikumpulkan untuk diberi nilai oleh guru
 14.Guru memberikan nilai berdasarkan keaktifan siswa, kecepatan dalam mengerjakan , dan keberanian siswa untuk tampil membacakan hasilnya. Serta keberanian siswa untuk memberikan tanggapan, kesesuaian antara pertanyaan dan jawaban

  • Cara penerapan dikelas :
      Mencoba memberikan beberapa pengertian tentang metode yang sedang digunakan    agar    metode ini ditanggapi baik oleh para siswa. Bagi siswa yang memenangkan permainan ini akan mendapat nilai lebih dan akan diberikan beberapa hadiah sehingga para murid akan bersemangat mengikuti metode pembelajaran ini dan setiap murid dibagikan beberapa kelompok yang 1 kelompok 4 orang

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Wynn casino new $5,000 jackpot is over and I'm back in! - Dr.MCD
    At 거제 출장마사지 Wynn Las 남원 출장안마 Vegas, 대구광역 출장마사지 the 삼척 출장마사지 Wynn Resort is a luxurious five-star accommodation that offers comfortable rooms and suites, as 계룡 출장샵 well as

    BalasHapus